REPORT : DIESNAT KE- 41 FORDI MAPELAR UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Bumi berevolusi di angka ke- 41 sejak tahun 1981. Fordi Mapelar, organisasi yang didirikan oleh para pendiri dengan keinginan memiliki suatu forum dimana mereka dapat berkumpul dan berdiskusi maka mereka sepakat berbentuk suatu lembaga. Pada tanggal 6 April 1981 diadakan rapat yang dihadiri  oleh mahasiswa seperti yang tersebut di atas dan tercetus ide konsep untuk membentuk UNIT AKTIVITAS DISKUSI.

            Forum Diskusi Mahasiswa Penalaran memiliki motto “Nalar Hasta Terusing Budi” yang berarti bahwa mereka senantiasa, bernalar, berkarya, menganalisa pikiran adalah kelanjutan dari  budi yang arif untuk memebentuk manusia seutuhnya sesuai dengan hakekat manusia. “Nalar Hasta Terusing Budi” menurut rumusan candra sengkala adalah ‘nalar’ berwatak 1, ‘hasta’ berwatak 8, ‘terusing’ berwatak 9, dan ‘budi’ berwatak 1. Sebagaimana lazimnya sengkala dibaca terbalik, 1981 tahun berdirinya FORDIMAPELAR Universitas Brawijaya.

            Pengembangan zaman yang dinamis, tidak menjadikan FORDI MAPELAR kaku dan apatis. Namun, selalu berkembang secara aktif dan menorehkan pemikirannya untuk pengejawantahan idealism mahasiswa dalam pemenuhan tanggung jawab sosialnya.

Rangkaian Dies Natalis dibuka dengan Bakti Sosial pada tanggal 17 April 2022 dan terletak di Panti Asuhan Nurussaadah, Batu. Dilaksanakan dengan berbagi adalah tujuan utama, bahwa kesenangan yang didapat tidak hanya milik sendiri namun juga harus dirayakan bersama. Diikuti oleh 30 (tigapuluh) peserta dari panti itu sendiri, dan 20 (duapuluh) dari panitia. Berbagi tentang mimpi, masa depan, dan langkah- langkah futuristik menjadi agenda utama pada hari itu. Peserta memberikan respon yang aktif, sehingga acara berjalan dengan lancar.

            Disambung dengan acara Sambang Purna pada tanggal 21 Mei 2022 sekaligus Halal Bihalal Idul Fitri. Sambang Purna bertujuan untuk lebih mempererat hubungan purna dengan anggota dan purna dengan purna itu sendiri. Dilaksanakan pada platform online menjadikan cukup banyak partisipan yang aktif dan turut meramaikan acara itu. Seperti yang kita ketahui, bahwa FORDI MAPELAR adalah tempat berkembang yang sama dan rasanya tidak etis kalau tidak mengenal satu sama lain. Acara ini dibuka oleh sambutan pendiri, Sundjojo yang menceritakan terkait proses berdirinya dan dinamika awal pada era 80- an. Berlanjut kepada sharing session dengan purna- purna lainnya yang menceritakan terkait pengalamannya saat mengembangkan penalarannya di FORDI MAPELAR. Acara ini meningkatkan kebanggaan pada lubuk hati para anggota, dikarenakan organisasi mereka berkembang telah melahirkan sosok- sosok hebat yang pastinya juga akan seperti itu terhadap diri mereka sendiri.

            Rangkaian acara selanjutnya ialah Webinar, dengan tema “Eksistensi Kebebasan Hal Sipil dalam Bersuara di Indonesia” dengan pemateri dr. Gamal Albinsaid selaku Founder Indonesia Medika dan Daniel Alexander Siagian selaku Koordinator YLBHI Malang. Dibuka oleh Pak Arif selaku perwakilan dari bidang kemahasiswaan Universitas Brawijaya, webinar ini berhasil diikuti oleh 132 orang yang ingin berbagi dengan kedua pemateri yang berpengalaman di bidangnya. Penampilan dr. Gamal membagikan penjelasan terkait bijak bersuara di lingkup 5.0 dan disusul oleh Mas Daniel dalam penyampaian dasar hokum dalam bersuara di Indonesia. Webinar berjalan menarik dengan moderator yang berasal dari FORDI MAPELAR yakni Rifki Hidayatullah, selaku Staf Divisi Keilmuan dan Penalaran.

            Acara terakhir dalam rangkaian Dies- Natalis ke-  41 adalah Lomba Debat. Berhasil menggaet 44 (empat puluh empat) tim dari seluruh Universitas Se-Indonesia menjadikan perlombaan ini cukup sengit. Dinilai oleh 3(tiga) juri yang mumpuni dalam bidangnya yaitu, Ayeshia Dinar, Almas Rioga, dan Ahmad Kushay. Lomba debat kali ini bertemakan “Kemanusiaan dalam Era Individualisme yang Masif” dan membahas tema- tema yang sedang booming untuk saat ini. Debat ini dibagi dalam 3 (tiga) babak yakni penyisihan, pre- semifinal, dan final. Babak penyisihan dilaksanakan dengan penilaian juri terhadap video opini para peserta yang berhasil menyaring hingga tersisa 8 (delapan) tim. Selanjutnya, babak pre- semifinal dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dengan tujuan mengambil 4 (empat) terbaik untuk berlanjut di laga final. Final dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2022 dan berjalan seru, karena argumentasi dari tiap tim berdasar matang dan penyampaian yang jelas. Juara I diraih oleh tim dari Universitas Kristen Satya Wacana, Juara II diraih oleh Institut Teknologi Bandung, dan Juara III diraih oleh Universitas Padjajaran.

           Berikut rangkaian acara Dies Natalis ke- 41 FORDI MAPELAR UNIVERSITAS BRAWIJAYA. Besar harapan bahwa rangkaian acara selanjutnya akan bertambah kemanfaatannya dalam peningkatan eksistensi FORDI MAPELAR dan guna untuk khalayak luas. Selamat Ulang Tahun Fordi Mapelar, Nalar Hasta Terusing Budi. Salam Penalaran! (SNA/PSDM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *