Sambutan Ketua Umum

Menjadi mahasiswa berarti sigap menangkap kesempatan

Menjadi mahasiswa berarti berani menyuarakan kebenaran

Menjadi mahasiswa berarti siap memikul harapan

Dan menjadi mahasiswa berarti siap menjadi insan penalaran

Tiga puluh lima tahun adalah usia matang manusia, memasuki masa – masa mapan dalam hidupnya dan keharmonisan keluarga menjadi semangat dalam setiap kesempatan. Begitupun juga dengan organisasi ini yang sudah mencapai usia ke-35 pada 13 April 2016. UKM Fordi Mapelar UB adalah Kawah Candradimuka bagi mahasiswa selama bertahun-tahun. Aktivis HAM tersohor Indonesia, Munir, merupakan anggota dari Fordi Mapelar UB. Keberanian Kawan Munir dalam menyampaikan kebenaran dan berpikir kritis adalah hal yang memang menjadi budaya di Fordi Mapelar UB.

Berpikir kritis dan tanggap terhadap lingkungan sekitar merupakan kesadaran dari mahasiswa sesungguhnya. Saya menyadari bahwa pada masa – masa seperti ini, kepekaan dan daya kritis mahasiswa mengalami kemerosotan, terlalu banyak mahasiswa yang merasa bahwa hidupnya cukup hanya duduk di kelas saja, sistem perkuliahan pun seakan mendukung bahwa mahasiswa yang “sempurna” adalah mahasiswa yang “patuh” dan aktivitasnya hanya ada di dalam kelas. Saya tidak bilang bahwa itu adalah hal yang keliru, tapi ketika kawan-kawan semua terjun ke dunia selepas lulus kuliah nanti dan hanya mengandalkan ilmu yang didapatkan dalam kelas, itu tidak cukup. Di Fordi Mapelar UB kami belajar untuk peka dan kritis dengan diskusi rutin yang kami lakukan. Belajar pemahaman logika yang benar dan pengambilan kesimpulan yang tepat menjadi dasar kami dalam bernalar. Hasil diskusi dan penelitian kami selalu kami tuliskan dan siap diterbitkan menjadi buletin maupun jurnal. Kami tak hanya berhenti sampai pembukuan hasil penelitian, kami sadar peran kami tidak hanya untuk “berdiam” di kampus, tapi kami harus terjun ke masyarakat dengan pengabdian masyarakat yang kami lakukan.

Itulah makna mahasiswa menurut semboyan kami. Anggota Fordi Mapelar UB adalah mahasiswa yang dipersiapkan untuk mau sama-sama belajar menjadi mahasiswa sejati. Sejak awal saya bergabung disini hingga mendapat amanah sampai sekarang, saya yakin saya berada di jalur yang tepat untuk menjadi mahasiswa yang sesungguhnya. Saya yakin bahwa hidup ini adalah pilihan, pilihan saya adalah menerima dengan sadar tujuan ini, tujuan yang dititipkan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu,  saya menyambut kawan-kawan yang ingin bergabung dengan kami dan mau berproses bersama untuk menjadi mahasiswa sejati, bukan hanya untuk diri sendiri, tapi Untuk Brawijaya, Untuk Indonesia dan Untuk sejarah kehidupan yang siap kita tuliskan.

Salam Penalaran !!!

 

Ketua Umum

Fordi Mapelar UB 2016

Frondy Fernanda F.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *